Berbuat baik,
ﺧﻴﺮ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﺣﺴﻨﻬﻢ ﺧﻠﻘﺎ ﻭﺃﻧﻔﻌﻬﻢ ﻟﻠﻨﺎﺱ
(Sebaik-baik manusia itu, adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia)
Terlintas dalam benak akan alasan seseorang untuk berbuat baik, dalam law of newton 1 dirumuskan "beda akan cenderung untuk diam atau bergerak lurus beraturan (same speed and direction) apabila tidak ada gaya (force) dari luar yg mempengaruhinya.
"Gaya yg mempengaruhinya" kita mengingatkan orang untuk berbuat baik adalah salahsatu perbuatan baik dan secara tidak langsung kita juga mengingatkan diri kita untuk selalu melakukan apa yg kita sarankan untuk orang lain. saya sebut ini adalah cara kita mendapatkan momentum untuk selalu berbuat baik.
Setalah mendapatkan "momentum" untuk selalu berbuat baik kita akan bertemu denan gaya-gaya lain yg akan menghambat pergerakan kita. dalam fisika mungkin ada gaya gravitasi bumi, friction dari surface, gaya dari arah yg berlawanan dan lain-lain. namun dalam kehidupan, hambatan itu akan datang dari makhluk Allah yg biasa kita sebut "syaithan", dia dengan gencarnya akan menggoda manusia untuk lalai dan bertuduk dibawah kenikmatan duiniawi sehingga akhirnya kita tidak berbuat baik dan jauh dari lindungan sang pencipta.
Fr = μN, ini adalah formula gesekan sederhana. dari sini kita tau bahwa untuk menggerakan sebuah benda diatas permukaan yg μ (koefisien gesek)nya besar semakin besar juga gaya (force) yg kita perlukan untuk menggerakan benda tersebut. dalam berbuat baik juga begitu, kita harus selalu mendapatkan gaya yg mendorong kita untuk berbuat baik.
Maka marilah saling mengingatkan sesama manusia untuk selalu berbuat baik dan mengikuti kebaikan, jangan takut akan apa kata orang yg menilai kita karena kebenaran hanya milik Allah. bersama-sama kita ciptakan generasi "khairul ummah".
lii'laai kalimatillah wa iqomati syariatihi. wallahualam