Sejak kita lahir ke dunia ini, ratusan bahkan jutaan permasalahan telah kita hadapi. Bahkan, ketika kita baru keluar dari perut ibu sekalipun. Dan seiring berjalannya waktu, kita tumbuh menjadi manusia dewasa permasalahan itu tidak akan kunjung hilang.

              




















          Ketika kecil beberapa dari kita pernah merasakan bahwa mengikat tali sepatu adalah sebuah permasalahan yang dapat menyebabkan kita terlambat masuk sekolah. Akan tetapi, apakah itu adalah sebuah bermasalahan bagi kita sekarang? Tentu tidak. Mengapa? Karena kita sudah terbiasa dengan permasalahan tersebut, lalu diri kita mencoba keluar dari permasalahan itu dengan sebuah solusi atau sebuah adaptasi (pembiasaan). Mungkin ini hanya sebuah konsep sederhana tentang permasalahan. Masih banyak lagi permasalahan yang jauuuhhhhh lebih besar dari ini. Namun, setidaknya kita punya gambaran bagaimana cara untuk keluar dari sebuah permasalahan. Biasakan untuk berhadapan dengan masalah itu lalu selesaikan! Bukan malah lari menjauhi permasalahan.

                Ngomong-ngomong tentang permasalahan, saya pun telah di paksa untuk membuat keputusan sulit dalam hidup. Tapi, semoga keputusan yang saya ambil itu adalah yang terbaik untuk semua.


 Masa-masa transisi adalah masa yang sangat sulit yang selalu semua orang rasakan. Contohnya; ketika kita selesai dari SMA menuju ke Universitas di saat-saat seperti inilah dilema akan muncul. Walau bagaimanapun, INGATLAH! “Habis gelap terbitlah terang”. Tidak ada kesedihan yang abadi dan juga sebaliknya tidak ada kebahagiaan yang abadi. Bertahan pada masa peralihan dan semoga keputusan itu akan membuat kita tersenyum di kemudian hari.